Daftar Widget yang Harus dan tidak harus dipasang di Blog

Daftar Widget yang Harus dan tidak harus dipasang di Blog


Widget adalah elemen blog berupa navigasi atau internal link yang dapat dipasang didalam blog yang dapat membantu pengunjung mengeksplorasi blog yang sedang dikunjungi dan juga dapat mempercantik tampilan blog.


Ada banyak macam-macam widget yang bisa dipasang di blog, namun tidak semua widget bersahabat terhadap sistem SEO, ada yang sangat berpengaruh baik pada blog, namun adapula widget yang dapat berpengaruh buruk terhadap SEO blog.

Untuk itu blogger dituntut teliti dalam memilih widget yang akan dipasang pada blognya, jangan sampai karena asal pasang blog, pengunjung merasa kesulitan dalam memahami sistem navigasi yang ditampilkan dalam blog kita, apalagi kalau sampai pengunjung merasa terganggu dengan widget yang terlalu ramai diblog sehingga memutuskan untuk mencari blog lain sebagai reverensi.

Untuk itu disini saya akan coba berbagi tentang widget apasaja sih yang bersahabat dengan blog? 
dalam artian widget yang berdampak positif terhadap SEO suatu blog.

Widget yang perlu dipasang di blog ?

1. Menu Navigasi 

Menu navigasi horizontal yang bileh disebut lazim adanya pada suatu blog, karena dengan adanya menu ini pengunjung tidak akan kebingungan dalam berserancar disuatu blog.

2. Serch Box (kotak Pencarian)

Adalah sebuah widget yang dipasang untuk membantu memudahkan pengunjung mencari artikel yang dibutuhkan, yaitu dengan menuliskan keyword (kata kunci) pada kotak pencarian tersebut, sehingga mesin pencari blog tersebut secara otomatis akan menampilkan seluruh artikel / postingan yang terkait dengan kata kunci pencarian.

3. Subscripion Box

Subscription Box - aliar kotak berlangganan salah satu widget yang sangat penting, mengajak pengunjung blog untuk berlangganan artikel / postingan sehingga memudahkan kita mem-follow up visitors alias pengunjung kita dengan memberikan notifikasi postingan terbaru dari blog kita via email.

4. Related Post

Merupakan widget  yang mengarahkan kepada artikel terkait yang lainnya, sehingga pengunjung mau membaca artikel atau postingan lain pada suatu blog


5. Label

Menampilkan semu label atau beberapa label terkait pada suatu blog.

6. Social Bookmark

Ini widget yang gak kalah penting juga, yaitu seperti tombol share / share button, sehingga memunginkan pengujung membagikan artikel atau postingan pada suatu blog.

7. Social Link

Widget yang mamu mengarahkan pengunjung kepada link sosial media seperti Facebook Fans Page, Twitter, Google Plus dan yang lainnya.

Widget yang tidak perlu dipasang di blog ?

Nah adapun widget yang dianggap tidak perlu terpasang diblog antara lain :

1. Visitor Statistic 

 Seperti Flag Counter, Live Traffic Feed, Alexa Widget dll, kalaulah dirasa sangat penting cukuplah ita menggunakan widget statistic bawaan dari blogger yang tentunya jauh lebih baik dan ringan.

2. Flash Animasi

Seperti yang sudah kita bahas diatas bahwa sebisa mungin hindarilah widget atau tamilan-tampilan yang dapat mengganggu mood pengunjung, seperti flash ini hanya akan menyilaukan pengunjung dan animasi yang memperlambat proses loadin blog.

Demikianlan artikel tentang Widget yang perlu dan tidak perlu dipasang pada blog, 
berhati-hatilah dalam memilih widget, sderhanakanlah tampilan blog kita supaya pengunjung betah berkunjung diblog kita.



0 Response to "Daftar Widget yang Harus dan tidak harus dipasang di Blog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel